oli kendaraan

Tips Memilih Jenis Oli Kendaraan

Salah satu hal terpenting di industri otomotif yang dapat Anda lakukan untuk mobil Anda adalah mengganti oli, apakah itu baru atau telah menempuh perjalanan jutaan KM sebelumnya. Tentunya Anda tidak ingin meremehkan arti dari cairan berharga ini yang sangat membantu mengurangi gesekan dan melumasi mesin mobil Anda, bukan? Jadi, ada baiknya jika rutinitas Anda mengecek oli Anda, mengisinya dengan oli seperlunya. Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara menemukan oli motor terbaik yang akan menambah nilai dan kehidupan mobil Anda. Jawabannya ada di artikel ini.

Pertama, penting untuk memutuskan apakah Anda memerlukan minyak tunggal atau duplikat tergantung pada kondisi iklim daerah Anda, buku panduan pemilik akan membantu Anda dalam hal ini. Oli motor terbaik biasanya diukur dari viskositasnya dan bagaimana oli tersebut dapat menangani perubahan suhu. Di botol Anda akan melihat “W” (menunjukkan musim dingin) pada label kelas. Biasanya tidak disarankan untuk menggunakan satu kelas seperti OW, 5W, 10W, atau 30W. Sebagian besar produsen kendaraan merekomendasikan kelas muti seperti 5W30, 10W30 atau 15W40, untuk menjadi oli motor terbaik untuk mesin Anda.

Selain itu, pastikan bahwa kelas oli motor terbaik dipilih berdasarkan jarak tempuh mesin. Jika mobil Anda kurang dari 20.000 mil, maka memilih viskositas yang lebih rendah seperti 5W30 pasti tidak akan merusak mesin Anda. 10W40 atau -50 adalah oli motor terbaik untuk Anda jika mobil Anda bepergian lebih lama di masa lalu. Jenis oli yang paling banyak digunakan yang dianggap sebagai nilai universal adalah 5W30 dan 10W40. Tetapi Anda tidak akan pernah salah dengan oli yang direkomendasikan pabrikan untuk mesin Anda.

Tentukan oli motor terbaik yang Anda inginkan untuk masa pakai mesin yang lama. Baik itu oli campuran konvensional, sintetik atau sintetik. Paling tidak efisien dan termurah adalah konvensional. Sintetis tidak hanya lebih efisien tetapi juga lebih efektif. Campuran sintetis, di sisi lain, adalah campuran keduanya: lebih murah daripada sintetis dan lebih baik daripada yang konvensional dan memiliki masa pakai yang jauh lebih tinggi daripada oli konvensional.

Agar Anda memiliki oli motor terbaik untuk mobil Anda, Anda perlu menurunkan viskositas di musim dingin dan meningkatkannya di musim panas. Dengan kata lain, jika Anda menggunakan 5W di musim dingin maka Anda meningkatkannya menjadi sekitar 30W di musim panas, atau hanya menggunakan 5W30 multi-grade dan Anda tidak perlu khawatir tentang suhu luar. Jangan takut dengan biayanya – oli konvensional cukup terjangkau tetapi Anda mendapatkan apa yang Anda bayarkan dan mengorbankan umur mesin Anda saat menggunakannya. Untuk mendapatkan oli motor terbaik untuk mobil Anda, Anda menginginkan oli sintetis penuh. Campuran sintetis juga merupakan pilihan yang baik dan akan tetap meningkatkan masa pakai mesin Anda selama bertahun-tahun dibandingkan dengan oli konvensional.

Jadi Anda harus selalu waspada dengan kehidupan mobil Anda. Ngomong-ngomong, ini menjelaskan mengapa Anda tidak akan berhenti untuk memberikan yang terbaik pada mobil Anda: berikan oli motor terbaik untuk membantunya berumur panjang dan sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *