kode tangan pemain badminton

Arti Kode Tangan Pemain Badminton

Suka menonton pertandingan bulu tangkis? Jika iya, pasti kalian familiar dengan kode tangan pemain bulu tangkis saat pemain ganda akan melalukan servis. Sandi dengan jari tangan ini kerap kali digunakan oleh pemain ganda tiongkok untuk memberi sinyal tentang arah servis kepada rekannya. Namun, akhir-akhir ini banyak pula pemain negara lain yang menggunakan kode tangan tersebut.

Kode tangan pemain badminton biasanya yang paling umum menggunakan 3 jari, yaitu jempol, telunjuk, dan kelilingking. Walau sebenarnya ada beberapa lagi kode-kode lainnya, ini tergantung juga dengan kesepakatan bersama rekan setim melalui briefing sebelum pertandingan dimulai.

Secara umum, berikut ini arti kode tangan pemain bulu tangkis yang lazim digunakan.

  1. Jari Jempol: servis kecil yang mengarah ke bagian tengah wilayah lapangan lawan.
  2. Jari Tulunjuk: servis panjang yang mengarah ke bagian belakang wilayah lapangan lawan.
  3. Jari Kelingking: servis kecil yang mengarah ke bagian samping wilayah lapangan lawan.

Sekali lagi, arti dari gestur tangan tersebut tidaklah mutlak, tergantung pada kesepakatan antar pemain. Tapi itulah yang paling arti yang paling umum dari gestur tangan pemain badminton.

Untuk diketahui, ada beberapa teknik serve pada permainan bulu tangkis yaitu servis pendek, servis tinggi, dan servis setengah tinggi. Namun, biasanya kita lebih mengenalnya dengan istilah serve forehand dan serve backhand, yang merupakan gabungan dari beberapa teknik servis tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *