laser cutting

Laser Cutting, Solusi Pemotongan Presisi

Laser cutting adalah proses paling akurat untuk cutting yang tepat pada hampir semua bahan. Laser cutting adalah penggunaan laser berdaya tinggi untuk memotong bahan dengan spesifikasi yang tepat yang ditetapkan dalam perangkat lunak pengontrol mesin laser cutting. Pengaturan digital diubah oleh perangkat lunak dan dikelola oleh laser untuk pemotongan yang bersih dan tepat. Aplikasi konversi laser digunakan untuk melakukan melalui pemotongan, pemotongan ciuman, perforasi laser, skor, goresan laser, ablasi laser, pengelasan laser, dan pengeboran.

laser cutting adalah proses yang jauh lebih efisien daripada perkakas mekanis dan pemotongan karena biayanya lebih murah jasa laser cutting dan jauh lebih akurat. Kontrol digital memungkinkan jalur pemotongan tak terbatas dan perubahan pola pemotongan mudah yang tidak praktis pada mesin mekanis. Laser melakukan pemotongan dengan melelehkan, membakar, atau menguapkan material dan meninggalkan tepi yang tajam dan bersih. Bahan yang dapat diproses dengan laser cutting termasuk kertas dan papan kertas, pita perekat, plastik, film, tekstil, abrasive, logam, dan fotovoltaik.

Ada dua jenis laser utama yang digunakan untuk layanan pemotongan, laser CO2 dan laser YAG. Laser CO2 digunakan untuk memotong, mengebor, dan mengukir. Laser ini dibuat menggunakan energi frekuensi radio dan digunakan untuk pemotongan industri pada baja ringan, aluminium, baja tahan karat, titanium, kertas, lilin, plastik, kayu, dan kain. Laser CO2 memiliki empat varian berbeda, aliran aksial cepat, aliran aksial lambat, aliran transversal, dan slab. Resonator aliran aksial mengedarkan campuran karbon dioksida, helium, dan nitrogen dengan turbin atau peniup pada kecepatan yang berbeda. Laser aliran melintang mengedarkan campuran ini jauh lebih lambat dan resonator pelat memiliki bidang gas statis yang tidak memerlukan tekanan. Laser YAG digunakan untuk pengukiran dan pengukiran dengan daya yang sangat tinggi. Laser YAG cukup kuat untuk mengukir bahan yang kuat seperti logam dan keramik.

Sinar laser diproduksi dengan menstimulasi bahan penguat, CO2 dalam beberapa kasus, dengan lucutan listrik atau lampu di dalam area tertutup. Setelah bahan distimulasi, sinar dipantulkan dari cermin parsial sampai mengumpulkan cukup energi untuk keluar sebagai sinar tampak. Berkas cahaya ini diarahkan ke lensa yang memfokuskan berkasnya. Balok digunakan untuk membuat tindik sebelum dipotong. Selama pemotongan, arah polarisasi berkas harus diputar untuk memastikan tepi yang mulus. Dua metode utama pemotongan adalah penguapan dan peleburan serta peniupan. Pemotongan penguapan menggunakan panas laser untuk membawa permukaan ke titik didihnya dan membuat lubang. Lubang semakin dalam saat uap mengikis dinding lubang. Pemotongan penguapan sangat ideal untuk material yang tidak meleleh seperti kayu, karbon, dan plastik termoset. Dengan melt and blow cutting, material dipanaskan hingga meleleh dan bagian yang meleleh dihembuskan oleh gas jet. Ini adalah proses umum untuk memotong logam.

laser cutting memiliki banyak keunggulan dibandingkan pemotongan mekanis. Tenaga kerja yang terlibat kurang intensif dan jauh lebih hemat biaya. Ketepatan pemotongan lebih baik karena laser tidak aus selama pemotongan dan kecil kemungkinan material dipotong melengkung atau terkontaminasi. Laser juga dapat memotong lebih banyak jenis material daripada pemotong mekanis dan memiliki perangkat lunak pengontrol untuk memastikan akurasi. Ada perusahaan yang menawarkan layanan laser cutting profesional untuk semua kebutuhan pemotongan industri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *