manfaat mendengarkan musik

Manfaat Mendengarkan Musik

Menurut banyak penelitian terbaru, mendengarkan musik dapat membantu Anda meningkatkan kesehatan mental. Selain itu, ini juga dapat membantu Anda meningkatkan kesehatan fisik. Dengan kata lain, mendengarkan lagu favorit secara teratur dapat mengasah pikiran seiring bertambahnya usia. Berikut ini beberapa manfaat kesehatan yang terbukti dari mendengarkan musik.

Saat Anda mendengarkan lagu favorit Anda, otak Anda menghasilkan hormon yang disebut dopamin. Bahan kimia ini bertanggung jawab untuk membuat Anda bahagia. Oleh karena itu, jika Anda merasa sedih di hari Minggu, sebaiknya tentang lisensi musik gunakan waktu luang Anda untuk mendengarkan musik favorit. Jika Anda seorang pelari, Anda harus mendengarkan musik motivasi yang lambat atau cepat. Ini akan membantu Anda tampil lebih baik di trek. Selain itu, ini akan meningkatkan kemampuan Anda secara signifikan.

Jika Anda menderita stres, mendengarkan musik dapat membantu Anda mengurangi hormon stres yang disebut kortisol. Menurut sebuah studi penelitian, ketika peserta studi mendengarkan musik favorit mereka, sistem kekebalan mereka meningkat. Oleh karena itu, Anda dapat menyalakan radio pada hari yang penuh tekanan untuk menenangkan diri dan menikmati manfaat penyembuhan yang maksimal.

Baca juga: Mengunjungi Pameran Seni

Menurut penelitian lain, siswa yang mendengarkan musik klasik selama setengah jam sebelum waktu tidur memiliki kualitas tidur yang jauh lebih baik daripada mereka yang tidak Anda dengarkan. Di dunia, lebih dari 350 juta orang mengalami depresi. Selain itu, 90% dari mereka juga menderita insomnia. Banyak penelitian terkait tidur menyimpulkan bahwa mengatasi gejala depresi dengan mendengarkan musik klasik adalah mungkin.Karenanya, Anda mungkin ingin mendengarkan musik klasik jika Anda mengalami hari yang menantang.

Jika Anda perlu mengemudi setiap hari, mendengarkan musik dapat membantu Anda menjaga mood dan konsentrasi. Menurut sebuah studi penelitian, musik dapat berdampak positif pada suasana hati Anda terutama saat Anda sedang mengemudi. Hasilnya, Anda bisa berkendara dengan aman. Banyak peneliti menyimpulkan bahwa musik mungkin berdampak positif pada pembelajaran dan memori Anda juga. Partisipan penelitian tampil lebih baik daripada mereka yang tidak mendengarkan musik selama studi penelitian.

Studi lain menemukan bahwa pelajaran musik selama 30 hari meningkatkan kecerdasan verbal pada anak-anak. Selain itu, 9 dari 10 anak menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman kata dan artinya. Selain itu, para peneliti juga menemukan menonton konser musik bahwa individu yang terlatih secara musik tampil lebih baik daripada mereka yang tidak mendengarkan jenis musik apa pun. Singkat cerita, ini hanyalah beberapa manfaat utama dari mendengarkan musik. Berdasarkan studi penelitian ini, kami dapat mengatakan bahwa mendengarkan musik dapat bermanfaat bagi Anda baik dari segi kesehatan fisik maupun mental.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *