tips memilih nama domain

Tips Memilih Nama Domain yang Tepat

Nama domain seperti industri.my.id sangat bagus memang. Tapi apa yang perlu Anda ingat ketika membeli nama domain? Kami akan menjawab semua pertanyaan Anda di artikel ini.

Nama domain adalah etalase yang sempurna untuk perusahaan, produk, atau merek Anda, karena itu adalah hal pertama yang dilihat orang ketika mereka menelusuri situs web Anda. Perusahaan atau individu dapat mendaftarkan nama domain karena berbagai alasan:

  • Untuk membangun situs web profesional
  • Untuk membangun situs web pribadi
  • Untuk memiliki alamat email yang dipersonalisasi
  • Untuk menghasilkan pendapatan parkir
  • Untuk menjualnya (investasi)

Sebelum kami memberi tahu Anda apa sebenarnya nama domain yang bagus itu, pertama-tama mari kita mundur selangkah dan melihat bagaimana Anda dapat mengklaim nama domain Anda sendiri. Ini dapat dilakukan dengan dua cara: membeli atau menyewa.

Membeli Domain

Anda dapat membeli nama domain baru dengan harga sekitar Rp150.000 per tahun, tergantung pada TLD (Top-Level-Domain, ini adalah kombinasi huruf setelah titik). Anda sebenarnya tidak ‘membeli’ nama domain ini, Anda ‘menyewanya’. Anda membeli lisensi untuk menggunakan nama domain tertentu, sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh registrar. Selama Anda membayar biaya bulanan atau tahunan, Anda dapat menggunakan nama domain selama yang Anda inginkan.

Baca juga: Meningkatkan Kembali Traffic Website yang jatuh

Jika Anda ingin menyewa nama domain, Anda sebenarnya menggunakan nama orang lain, yang mungkin menjadi alasan mengapa hal ini hanya terjadi dalam kasus yang sangat jarang terjadi. Salah satu alasan mengapa seseorang akan menyewa nama domain adalah jika mereka tidak memiliki dana untuk segera membelinya. Dalam hal ini, nama domain akan dibayar dengan istilah.

Membangun Branding

Membuat kesan pertama yang baik sangat penting, karena itulah yang akan diingat orang tentang Anda. Ketika datang ke situs web, nama domain Anda adalah kesan pertama, jadi penting bagi Anda untuk membuatnya bagus. Memiliki nama domain dan alamat email yang cocok juga menambah keandalan Anda. Contoh: perusahaan Anda bernama Cimika dan nama domain Anda disebut cimika.com. Nama perusahaan Anda tidak cocok dengan nama domain Anda dan akan membingungkan klien Anda. Mereka mungkin mencari situs web seperti cimika.com, yang bukan situs web perusahaan Anda. Saat memilih nama domain, pastikan itu juga cocok dengan nama perusahaan Anda.

Seperti yang kami katakan, alamat email Anda juga lebih cocok dengan nama domain. Alamat email seperti ‘info@cimika.com’ terlihat lebih profesional daripada ‘cimika@gmail.com’.

Saat Anda memilih nama domain, Anda perlu mempertimbangkan TLD yang Anda pilih, karena ini menyampaikan pesan tertentu kepada klien Anda. Jika Anda memiliki perusahaan Belanda, Anda mungkin akan memilih nama domain a.nl. Jika nama domain khusus ini sudah digunakan, Anda dapat memilih nama domain a.com, yang akan segera membuat situs web Anda terlihat lebih internasional.

Anda mengontrol kesan pertama digital yang dimiliki orang tentang Anda, jadi pertimbangkanlah dengan cermat.

Peran Penting Sebuah Domain

Sama seperti ekonomi kita, nama domain dipengaruhi oleh penawaran dan permintaan. Semakin populer nama domain, semakin mahal harganya.

Antara tahun 1995 dan 2000, nama domain premium seperti website.com, realestate.com dan lelang.com masih dapat didaftarkan. Banyak investor akan membunuh untuk mesin waktu, sehingga mereka dapat melakukan perjalanan kembali ke masa lalu dan mendaftarkan nama domain ini, karena mereka sekarang bernilai banyak uang. Hanya sejumlah terbatas dari apa yang disebut nama domain ‘premium’ ini tersedia. Semakin banyak nama domain yang terdaftar, semakin sedikit nama yang tersedia.

Nama domain seperti rumah.com akan memiliki banyak pengunjung ‘organik’ per hari. Terlepas dari pengunjung tersebut, nama domain akan memiliki tampilan yang sangat andal dan dapat dipercaya. Situs web seperti toyota.com, tokopedia.com, dan samsung.com memiliki nama domain yang sama persis dengan perusahaannya masing-masing dan juga akan terlihat sangat andal untuk bisnis online dengan website di internet.

Ketika Anda pergi ke supermarket untuk membeli deterjen, Anda mungkin akan memilih yang pernah Anda lihat diiklankan di TV, karena Anda pikir Anda sudah mengetahuinya. Hampir sama dalam hal nama domain, jadi Anda mendapatkan gambarannya: nama domain penting untuk keandalan Anda.

Cara Memilih Nama Domain

Memilih nama domain yang baik tergantung pada tujuan Anda. Apakah Anda memilih nama domain untuk perusahaan (baru) Anda atau Anda ingin berinvestasi dalam nama domain? Pada artikel ini kami akan menjelaskan bagaimana Anda dapat memilih nama domain yang baik untuk perusahaan Anda:

Apakah Anda terutama beroperasi di satu negara? Pilih TLD negara tempat Anda beroperasi (ccTLD), seperti .id untuk Indonesia. Apakah Anda perusahaan internasional atau ingin go internasional? Maka opsi untuk TLD generik (gTLD) seperti .com akan lebih baik.

Pertimbangkan bentuk nama domain Anda. Anda dapat membeli nama domain tiket.com, tetapi Anda juga dapat memilih versi jamak tiket.com. Dalam contoh khusus ini, nama tiket.com akan lebih ramah merek dan tikets.com akan lebih cocok. Selain memilih bentuk tunggal atau jamak, bentuk kata kerja juga bisa menjadi penting. Secara teori, nama domain run.com akan bernilai lebih dari ran.com. Nilainya masih tergantung pada tujuan nama domain Anda.

Nama domain Anda juga harus mudah dieja. Metode pengujian yang baik ini disebut uji radio. Bayangkan mendengar iklan radio dengan nama domain shoezzz.com. Klien mungkin bertanya-tanya apakah dieja dengan ‘oe’ atau dengan ‘oo’ dan dengan berapa banyak z yang ditulis. Tidak semua nama domain yang tidak lulus tes ini akan buruk. Lihat saja Netflix.com dan Flickr.com.

Cobalah untuk menjaga nama domain Anda sesingkat mungkin: semakin banyak kata yang dikandungnya, semakin tidak berharga. Nama domain yang disebut drivinglessons.com akan lebih berharga daripada doyouwanttolearnhowtodrive.com. Satu bernama Google.com akan bernilai lebih dari mengetik pertanyaan Anda dan mesin pencari ini akan menjawabnya untuk Anda. com.

Jika Anda memilih untuk menggunakan beberapa kata, pastikan kata-kata itu ditulis dengan urutan kata yang benar. Ini terdengar seperti hal yang logis untuk dilakukan, tetapi terkadang masih salah. Nama domain yang disebut cheaptickets.com akan jauh lebih jelas daripada ticketcheap.com. Ini juga berlaku untuk apa yang disebut newTLD: coffee.company bukan company.coffee.

Cobalah untuk menghindari penggunaan tanda hubung (-) dalam nama domain Anda. Ini tidak dapat didengar di radio dan membuat situs web Anda kurang berharga. Klien sering lupa menggunakan tanda hubung, yang akan membebani Anda dengan lalu lintas yang berharga.

Cobalah untuk menghindari ‘peretasan’. Ini adalah nama domain seperti barbecu.es dan swimsu.it. Mereka sulit untuk dipahami dan tentu saja memerlukan klarifikasi ekstra, yang membutuhkan waktu yang berharga – terutama dalam hal periklanan.

Semua tips dan trik di atas dapat digunakan saat memilih nama domain yang bagus untuk perusahaan Anda. Jika Anda ingin membeli nama domain sebagai investasi, ada beberapa hal tambahan yang harus Anda perhatikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.