belajar bahasa inggris

Belajar Bahasa Inggris Pemula

Bahasa Inggris sebagai Bahasa Kedua tidak mudah dipelajari. Ini karena bahasa Inggris memiliki seperangkat aturan sendiri dalam tata bahasa, kosakata, dan pengucapan yang mungkin sangat berbeda. Namun, dengan mengikuti beberapa langkah sederhana, penutur bahasa Inggris yang bukan penutur asli dapat berbicara, menulis, membaca dan mendengarkan bahasa Inggris dengan percaya diri dan tanpa kesulitan. Beberapa langkah sederhana tentang bagaimana belajar bahasa Inggris pemula dibahas di bawah ini.

Tujuan Belajar Bahasa Inggris

Untuk kalian yang ingin menguasai bahasa Inggris sebagai Bahasa Kedua harus menetapkan tujuan kemahiran bahasa Inggris kalian. Sasaran penting karena memungkinkan Anda diingatkan tentang apa yang pada akhirnya ingin Anda capai dengan pelajaran bahasa Inggris. Beberapa pertanyaan yang harus ditanyakan oleh pelajar bahasa Inggris pemula ketika mengidentifikasi tujuan kemahiran bahasa Inggris mereka meliputi:

  • Apa bidang keterampilan bahasa Inggris yang ingin tingkatkan? Mendengarkan, menulis, berbicara dan/atau membaca?
  • Kapan target fasih tercapai? Dalam satu tahun? Dalam dua tahun?
  • Bagaimana saya bisa mengukur peningkatan ? Dapatkah menggunakan bahasa Inggris dengan mudah saat berbicara dengan kolega dan teman asing? Kapan dapat menggunakan Bahasa Inggris untuk panggilan telepon, email, surat, presentasi atau konferensi?

Motivasi Belajar Bahasa Inggris

Mungkin diperlukan waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun untuk menjadi fasih berbahasa Inggris. Untuk mengidentifikasi motivasi mereka dalam belajar bahasa Inggris, siswa harus bertanya pada diri sendiri, “Mengapa saya ingin menjadi hebat dalam bahasa Inggris?
Untuk mengidentifikasi motivasi mereka dalam belajar bahasa Inggris, Anda harus bertanya pada diri sendiri, “Mengapa saya ingin menjadi hebat dalam bahasa Inggris?” Beberapa dari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini mungkin mencakup:

  • Saya ingin dipromosikan di tempat kerja dengan bantuan nilai tinggi saya dalam tes bahasa Inggris bisnis.
  • Saya ingin ditugaskan di luar negeri di mana bahasa Inggris adalah bahasa untuk bisnis.
  • Saya ingin memasuki universitas bergengsi di negara asing di mana bahasa Inggris digunakan secara luas sebagai media komunikasi.
  • Saya ingin mengembangkan bisnis saya ke luar negeri dengan bernegosiasi dengan pelanggan, pemasok, atau mitra dalam bahasa Inggris.

Belajar Bahasa Inggris menjadi lebih efisien dan efektif dengan bantuan guru Bahasa Inggris yang terampil dan antusias. Guru dapat membantu Anda belajar bahasa Inggris secara efektif.

Koreksi Kesalahan Ejaan Bahasa Inggris

Bahkan guru bahasa Inggris yang paling berpengalaman sekalipun tidak akan pernah dapat membantu siswa dalam menguasai bahasa Inggris jika siswa tidak ingin menerima koreksi tentang kelemahan mereka dalam bahasa Inggris dan untuk memperbaiki diri. Oleh karena itu, sangat penting bagi pelajar bahasa Inggris pemula untuk meminta guru mereka memberikan kritik sebanyak mungkin tentang kemahiran bahasa Inggris mereka.

Bagaimanapun, kritik guru harus diterima secara konstruktif. Penting juga bagi siswa Bahasa Inggris pemula untuk mencoba belajar bahasa Inggris dengan penuh semangat. Jika siswa tidak tertarik pada Bahasa Inggris, mereka mungkin perlu diingatkan tentang tujuan dan motivasi belajar mereka.

Praktek Bahasa Inggris

Langkah terpenting untuk belajar bahasa Inggris pemula adalah mempelajari dan mempraktikkan semua pelajaran yang dipetik. Untuk berlatih Bahasa Inggris pemula, yang terbaik adalah berlatih berbicara bahasa Inggris, mendengarkan, menulis dan membaca di kehidupan sehari-hari. Biasanya tempat kursus bahasa Inggris menerapkan lingkungan full english 24×7 untuk memaksimalkan belajar. Kabar baiknya untuk Anda yang ingin belajar bahasa Inggris di lembaga pendidikan swasta EF Adults yaitu lingkungan belajar mereka selalu menggunakan bahasa Inggris untuk bercakap-cakap antar murid dan staf, sehingga Anda akan terbiasa berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Oh iya, jika Anda berniat kursus coba baca terlebih dahulu ulasan lengkap EF Adults, sebuah lembaga kursus bahasa Inggris profesional di Indonesia.
Beberapa cara untuk mempraktikkan bahasa Inggris pemula meliputi:

  • Melakukan panggilan telepon atau video call dalam bahasa Inggris.
  • Baca berita atau blog dalam bahasa Inggris.
  • Dengarkan podcast atau video bahasa Inggris.
  • Menulis email dalam bahasa Inggris.

Bahasa Inggris di Kehidupan Sehari-hari

Orang yang ingin belajar bahasa Inggris pemula harus mencoba membenamkan diri mereka dalam bahasa Inggris sebanyak mungkin. Ini karena penerapan akan memungkinkan mereka menjadi sangat akrab dengan bahasa Inggris seperti bunyi, kata, frasa, dan konstruksi kalimatnya. Penerapan juga akan memungkinkan mereka memahami bagaimana bahasa Inggris digunakan dalam suasana alamiah dan dalam percakapan.

Melalui pendalaman, mereka pada akhirnya akan mengembangkan kebiasaan menggunakan bahasa Inggris dengan mudah dan percaya diri. Untuk belajar bahasa Inggris, siswa bahasa Inggris pemula harus mencoba untuk:

  • Baca artikel bahasa Inggris secara teratur.
  • Menulis surat, email, presentasi, blog atau jurnal dalam bahasa Inggris.
  • Tonton acara TV, video, atau film berbahasa Inggris.
  • Dengarkan berita, lagu, atau percakapan bahasa Inggris.

Perbanyak Kosa Kata Bahasa Inggris

Untuk mempelajari bahasa Inggris hingga fasih, penting untuk diajarkan tentang kosakata atau kata, frasa, ekspresi, dan idiom bahasa Inggris.
Kosa kata akan memungkinkan pelajar Bahasa Inggris pemula untuk mengekspresikan pikiran mereka dengan jelas dan bermakna menggunakan kata-kata bahasa Inggris yang benar. Kosakata yang terbatas pasti akan membuat mereka tidak dapat menyampaikan pesan mereka, yang bisa sangat mengganggu. Beberapa cara orang mempelajari bahasa Inggris pemula dengan mengembangkan kosakata mereka adalah:

  • Sering membaca kamus bahasa Inggris
  • Perbanyak baca artikel bahasa Inggris
  • Bermain permainan kata bahasa Inggris

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang kata-kata bahasa Inggris, siswa yang memulai dengan Bahasa Inggris pemula mungkin juga ingin berinvestasi dalam kamus bilingual yang berkualitas. Ini karena kamus dwibahasa dapat membantu mereka menerjemahkan dan membandingkan kata-kata dalam bahasa Inggris dengan kata-kata dalam bahasa asli mereka. Namun, mereka tidak boleh terlalu mengandalkan kamus dwibahasa mereka. Setelah pelajar Bahasa Inggris pemula telah lulus ke keterampilan bahasa Inggris menengah, mereka mungkin akan memperoleh kamus bahasa Inggris satu bahasa dan beralih dari kamus dwibahasa.

Untuk mempelajari bahasa Inggris pemula, untuk komunikasi lisan, Anda harus membiasakan diri dengan pengucapan bahasa Inggris. Pentingnya menjadi akrab dengan pengucapan bahasa Inggris tidak dapat diremehkan. Jika Anda tidak pandai melafalkan bahasa Inggris, mereka cenderung salah paham atas pengucapan kata bahasa Inggris Anda.

Dalam belajar bahasa Inggris pemula di EF Adults kursus bahasa Inggris profesional, Anda juga mungkin memperhatikan seberapa sering melakukan kesalahan dalam membaca, menulis, mendengarkan dan berbicara. Kesalahan ini adalah bagian alami dari proses pembelajaran. Semoga segala usaha Anda untuk bisa fasih dalam bahasa Inggris selalu dilancarkan dan berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *