gaya hidup sehat

Gaya Hidup Mempengaruhi Kesehatan Anda

Kesehatan Anda dapat dipengaruhi oleh pilihan gaya hidup yang Anda buat setiap hari. Saat ini orang pada umumnya mengetahui lebih banyak tentang masalah kesehatan dibandingkan 30 tahun yang lalu. Perubahan yang Anda lakukan dalam gaya hidup, sekecil apa pun, akan menghasilkan hidup yang lebih sehat dan lebih lama. Terkadang perubahan drastis sulit dipertahankan dan oleh karena itu hanya diikuti dalam waktu singkat. Pilihan kesehatan adalah pilihan yang Anda buat seumur hidup.

Saat ini kita memiliki akses ke makanan, sanitasi, dan perawatan kesehatan yang lebih baik, yang berarti orang saat ini hidup hampir 20 tahun lebih lama daripada 30 tahun yang lalu atau lebih. Memiliki gaya hidup sehat bergantung pada dua faktor – peluang atau pilihan. Faktor peluang meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah faktor yang tidak dapat Anda ubah seperti susunan genetik Anda. Faktor pilihan adalah faktor yang dapat Anda ubah dan tingkatkan seperti konsumsi alkohol, merokok, rutinitas olahraga dan mengatasi stres sehari-hari. Makan berlebihan sesekali tidak akan merusak kesehatan Anda secara permanen, tetapi tubuh Anda membutuhkan waktu untuk memperbaikinya sesudahnya. Memiliki pendekatan gaya hidup sehat yang seimbang itu penting. Lakukan perubahan pada hidup Anda secara bertahap selama periode waktu tertentu. Contohnya adalah mengganti sarapan yang sudah dimasak dengan alternatif yang lebih sehat seperti sayur-mayur atau buah-buahan. Hal yang sama juga dianjurkan untuk olahraga.

Mendidik anak Anda tentang masalah kesehatan yang menghancurkan sejak usia dini dapat berdampak positif pada kehidupan mereka di kemudian hari, dengan membantu mereka membuat pilihan yang lebih sehat, seperti merokok. Efek kesehatan yang positif bervariasi dari mempromosikan pola makan yang sehat hingga mengatur waktu keluarga yang berkualitas. Bersepeda di hutan atau memancing di danau adalah contoh waktu yang dihabiskan bersama keluarga yang akan menjadi pola hidup di masa depan.

Menjaga hidup kita tidak rumit, bahagia dan harmonis terkadang menjadi sangat sulit. Penelitian telah mengungkapkan bahwa berpikir positif dapat membantu kita menghadapi stres sehari-hari dengan lebih efektif dan memiliki manfaat keseluruhan bagi kesehatan emosional dan fisik kita. Oleh karena itu, sangatlah bermanfaat baik secara psikologis maupun fisik untuk mengintegrasikan pemikiran positif ke dalam setiap aspek kehidupan Anda.

Dikutip dari penalis.com dalam situs webnya, beberapa pedoman dasar hidup sehat antara lain:

  • Berusahalah untuk menjadi positif dan mendorong diri sendiri dan orang lain daripada menjadi negatif dan kritis.
  • Pertahankan perspektif tentang krisis dan pandang jika perlu sebagai masalah yang bisa diselesaikan.
  • Fokus pada hal-hal baik dalam hidup Anda.
  • Cobalah teknik menenangkan seperti menarik napas dalam-dalam atau memvisualisasikan pemandangan yang tenang saat menghadapi situasi yang membuat stres.

Informasi kesehatan saat ini lengkap dan dapat diakses. Jika dokter Anda mencurigai suatu kondisi tertentu, cari tahu semuanya, melalui Internet atau kunjungi perpustakaan setempat Anda. Semakin banyak informasi yang Anda miliki, semakin mudah bagi Anda untuk membuat keputusan dengan dokter Anda. Anda juga akan merasa lebih percaya diri untuk mengajukan pertanyaan lebih lanjut. Informasi dan pengetahuan adalah kekuatan – dengan mereka Anda dapat memilih gaya hidup yang lebih sehat melalui perubahan terkecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *