kebersihan makanan

Mengapa Kebersihan Makanan Sangat Penting?

Proses penyiapan makanan melibatkan banyak langkah. Salah satu bagian terpenting dikenal sebagai pengujian makanan. Hal ini penting karena tidak dapat dipungkiri akan pentingnya kebersihan pangan, baik itu rumah, toko retail, restoran atau pabrik makanan. Seiring waktu, semakin banyak orang yang menyadari pentingnya keamanan pangan. Mari kita cari tahu mengapa kebersihan makanan sangat penting.

Menurut statistik, 48 juta orang jatuh sakit karena penyakit yang ditularkan melalui makanan, 3.000 orang kehilangan nyawa karena keracunan makanan, dan 128.000 dirawat di rumah sakit. Diberikan di bawah ini adalah beberapa alasan umum mengapa keamanan pangan sangat penting.

Pertama-tama, jika minuman atau makanan jagung rebus manis yang tersedia tidak aman, Anda tidak bisa memilikinya. Misalnya, jika air tidak bebas dari unsur berbahaya, Anda bisa sakit akibat meminum air kotor. Aturan yang sama berlaku untuk banyak jenis makanan.

Orang-orang dari seluruh dunia jatuh sakit karena makanan atau minuman yang terkontaminasi setiap hari. Keracunan makanan terjadi karena parasit, virus, dan bakteri yang terdapat di berbagai produk makanan.

Tidak ada cara yang jelas untuk mengidentifikasi apakah suatu produk makanan terkontaminasi. Alasannya adalah Anda tidak dapat mendeteksi zat tidak sehat dalam makanan menggunakan indera perasa, penciuman, atau penglihatan Anda. Menurut banyak laporan, keracunan makanan dapat menyebabkan dehidrasi, gastroenteritis atau banyak masalah serius seperti gagal ginjal. Dalam beberapa kasus, pasien bahkan mungkin meninggal.

Risiko keracunan makanan lebih besar pada mereka yang masih bayi, anak-anak, lansia atau ibu hamil. Demikian pula penderita kanker, infeksi HIV, dan penyakit serius lainnya juga lebih rentan terhadap efek makanan yang terkontaminasi. Dengan keamanan dan kebersihan pangan, dimungkinkan untuk mencegah kuman dan bakteri berkembang biak. Jadi, mereka tidak mencapai level berbahaya.

Penting untuk menjaga diri sendiri dan menghindari pengeluaran uang untuk pengobatan dan pemeriksaan rutin. Dan ini sangat penting bagi perusahaan karena mereka kehilangan miliaran dolar dalam waktu henti karyawan setiap tahun.

Dalam kebanyakan kasus, keracunan makanan terjadi karena kebersihan yang buruk, seperti tidak mencuci tangan dengan benar sebelum makan. Oleh karena itu, penting untuk mengikuti praktik kebersihan yang benar. Dengan kata lain, mencuci tangan lebih penting bagi mereka yang bekerja di dapur. Penyebab utama keracunan makanan lainnya adalah kontaminasi silang. Proses ini mentransfer bakteri ke makanan yang berbeda. Misalnya panduan mendinginkan makanan kontaminan dapat berpindah dari makanan mentah ke produk yang siap dijual.

Penting untuk mengetahui bagaimana bakteri dan virus menyebar. Idenya adalah untuk mencari tahu bagaimana mencegah penyebaran unsur-unsur tidak sehat tersebut. Oleh karena itu, praktik kebersihan yang baik penting bagi pabrik dan pengguna umum. Makanan yang dijual oleh unit produksi ini harus aman dikonsumsi.

Singkat cerita, ini adalah beberapa alasan utama mengapa Anda mungkin ingin mengikuti praktik kebersihan makanan. Selain itu, pengujian makanan juga penting dilakukan untuk memastikan apa yang Anda makan bebas dari bakteri, virus, dan hal-hal lain yang mungkin berdampak negatif bagi kesehatan Anda dan keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *